Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.

      TUJUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

  • Menginstalisi perangkat computer personal dan menginstall system operasi dan aplikasi​
  • Menginstalasi perangkat jaringan berbasis local ( LAN )
  • Menginstalasi perangkat jaringan berbasisi luas ( WAN )
  • Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas

      RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  • Dunia usaha/industri Toko Komputer, ruang lingkupnya sebagai teknisi komputer perusahaan
  • Dunia usaha/industri Perkantoran, ruang lingkupnya sebagai teknisi jaringan perusahaan
  • Dunia usaha/industri Internet Service Provider (ISP) Perusahaan, ruang lingkupnya sebagai teknisi jaringan perusahaan, adm. jaringan level 1, level 2 dan level 3
  • Dunia usaha/industri Hotel dan Perbaikan Teknisi Komputer, ruang lingkupnya sebagai teknisi komputer perusahaan, adm. jaringan level 1, level 2 dan level 3

 

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

RPL secara umum disepakati dari terjemahan Software Engineering yang mulai populer tahun 1968 pada Software Engineering Conference oleh NATO. pengertian RPL sendiri yaitu disiplin ilmu yang membahas seluruh aspek produksi perangkat lunak dari tahap analisa kebutuhan user, menentukan spesifikasi kebutuhan user, disain pengkodean, pengujian, hingga kepemeliharaan sistem setelah dipakai. jadi jelas RPL bukan hanya pembuatan tapi juga semua aspek dalam pembuatan suatu software.

      TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

  • Memperoleh biaya produksi software yang rendah
  • ​Menghasilkan software berkinerja tinggi, handal dan tepat waktu
  • Menghasilkan software yang dapat bekerja pada berbagai platform
  • Menghasilkan software dengan biaya perawatan rendah

      RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  • Pengembang Web (Web Developer)
  • Programmer Sistem (Software Programmer)
  • Pengembang Android (Android Developer)

 

Multimedia (MM)

Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari Teks,Gambar,Grafis,Foto,Audio,&Animasi secara terintergrasi.Multimedia terbagi menjadi 2 katagori yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif.

Multimedia Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan pengguna.Multimedia ini berjalan berurutan contohnya TV,dan Film.Mulimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna,sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki proses selanjutnya.contoh pelajaran interaktif adalah pembelajaran interaktif & aplikasi game.

MANFAAT PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran yang sangat menariklebih interaktif,jumlah waktu mengejar dapat dikurangi,kualitas kerja siswa dapat ditingkatkan dan sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

Manfaat diatas akan diperoleh mengiingat dari sebuah multimedia pembelajarn yaitu:

  • Memperbesar benda yang kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman,bakteri, dan lain-lain.
  • ​Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan oleh sekolah seperti gajah,harimau.
  • Meyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit dan berlangsung cepat atau lambat sepeti sistem tubuh.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan,bintang,salju.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya seperti letusan gunung berapi.
  • Meningkatkan gaya tarik kepada siswa.

RUANG LINGKUP PEKERJAAN JURUSAN MULTIMEDIA

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:

  • Pengembang Web (Web Development) terdiri dari Pembuat Web dan Pemelihara Web.
  • Pengembang Multimedia (Multimedia Development) terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia​
  • Pengembang Permainan (Game Development) terdiri dari Pembuat permainan (games) dan Pembuat media simulasi ( simulator)
  • Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) terdiri dari Pembuat video klip dan Penyunting video
  • Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) terdiri dari Pembuat animasi dan Pembuat media informasi

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Multimedia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Multimedia.

 

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) / Administrasi Perkantoran

Terbagi atas dua yaitu pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit. Pengertian administrasi perkantoran secara luas adalah suatu kerja sama secara sistematis dan teroordinasi menurut pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan pengertian administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua kegiatan yang bersifat teknis ketatausahaan dalam pelaksanaan pekerjaan operatif, penyediaan keterangan bagi pimpinan, dan membantu kelancaran perkembangan organisasi.

      Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

  • Perencanaan Perkantoran (Office Planning)​
  • Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing)
  • Pengarahan Perkantoran (Office Actuating)
  • Pengawasan Perkantoran (Office Controlling)